Fakta Unik Batu Lubang Sibolga

Ada yang unik menuju kota Sibolga bila kita dari kota tarutung. Lebih kurang pada titik 7 Km sebelum kota Sibolga atau di desa Simaninggir Kecamatan Sitahuis Kabupaten Tapanuli Tengah. kita pasti melewati sebuah terowongan yang di sebut Batu Lubang.
Seluruh kendaraan harus melalui 2 buah terowongan yang jaraknya berdekatan.















Jalan terowongan atau Batu Lubang adalah slaah satu bukti peninggalan sejarah perjuangan rakyat Tapanuli. yang dulu sekitar tahun 1930 saat penjajahan belanda dan jepang masuk ketanah batak melalui barus mempunyai masalah untuk melewati jalan ini,karena ditutup batu gunung yang keras dan hutan belantara.
karena mereka menjajah,sehingga memaksa para tahanan jajahan perang yakni para pejuang Indonesia ini untuk kerja paksa (rodi), untuk membuat lubang dangan memahat batu-batu hin gga bisa tembus kejalan Tarutung-Sibolga saat ini (Tapanuli Tengah). jadilah batu lubang yg di kerjakan tawanan perang oleh belanda.
saat pengerjaan jalan tersebut banyak pejuang rakyat indonesia yang meninggal karna mereka di pekerjakan paksa hingga mati dan di buang ke jurang.

Inilah salah satu bentuk peninggalan penjajahan belanda di indonesia tepatnya di tanah batak Tapanuli Tengah,dimana sampai sekarang jalan ini masih beroperasi walaupun misteri yang terjadi dulu di daerah ini sangat seram dan menyakitkan maka kita pantas untuk berterimakasih dan bersyukur atas semuanya itu. semoga para pejuang indonesia yang telah gugur hidup indah surga.

Terimakasih sudah membaca artikel ini
Semoga menambah pengetahuan yah..........





















Tidak ada komentar