5 Musibah Bencana Alam Terparah di Tahun 2018

 Di tahun 2018 merupakan  tahun dimana beragam bencana alam terjadi di indonesia maupun di Luar Negeri .Kejadian bencana alam emang kita tidak tahu datang nya kapan.akan tetapi kita bisa mengantisipasi datangnya bencana tersebut

Berikut rangkuman 5 kejadian bencana alam terbesar sepanjang tahun 2018

1.Gempa dan Tsunami Palu (Indonesia)



Di Tanggal 28 September 2018 akan selalu dikenang oleh publik  tanah air akan musibah gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu. 2000 lebih nyawa  sudah terenggut nyawa  atas musibah tersebut .Akibatnya, kota palu seketika lumpuh akan aktivitas masyarakat hingga kerusakan parah pada  beberapa wilayah sekitar. Banyak pula bantuan seperti logistik dari berbagai wilayah di indonesia maupun dari negara negara lain. 

2. Banjir Kerala (India)

Kejadian ini mengakibatkan debit air di beberapa bendungan menjadi meluap dan tidak dapat menampung air  yang akan datang. pemerintah telah menghimbau kepada masyarakat Kerala bahwa wilayah mereka tersebut merupakan salah satu tempat yang di landa.

3.Letusan Gunung Fodeo (Guatemala)

Kejadian di negara Guatemala  atau tepatnya di  desa El Rodeo pada tanggak 30 Juni2018. Perikarakan 110 orang  meninggal dunia di kejadian tersebut.di akibatkan letusan gunung Fodeo di desa El Rodeo.Akibatnya ,desa El Rodeo seketika terimbun oleh debu vulkanik dan 1.7 juta penduduk guatemala.

4.Gempa Bumi Lombok( Indonesia)


Gempa bumi Lombok,Nusa Tenggara Timur  terjadi pada tanggal 29 Juli 2018, atau beberapa sebulan  Tsunami Kota Palu. Dengan kekuatan 6,4-7.0 skala richter, gempa lombok tercatat  merenggut nyawa 555 orang dan setidaknya 400.000 harus mengungsi ke tempat pengunsingan,Atas kejadian tersebut,kota lomnok rusak parah dan memerlukan proses perbaikan.

5. Banjir jepang Barat ( Jepang ) 


Banjir Jepang yang terjadi   pada tanggal 28 Juni 2018 merupakan salah satu banjir terparah di Jepang.Akbitanya,Beberapa  negara juga memberikam bantuan logistik dan tenaga dalam proses penanganan dan perbaikan.Bencana bisa datang kapan saja tanpa ada permisi, oleh sebab itu kita wajib untuk selalu  waspada dan lebih bersahabat lagi kepada alam.

Renungan : Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua.
                  Sekian dan terimakasih. :)

Tidak ada komentar